288 Pelajar Ikuti Kejuaraan Taekwondo POPDA Se-Kedu

WONOSOBOZONE.COM – Kejuaraan Taekwondo dalam rangka pekan olah pelajar daerah (POPDA) Se-Eks Karesidenan Kedu yang berlangsung di GOR Tenis Indoor Wonosobo, Selasa – Rabu (26-27/2/2020) diikuti tak kurang dari 288 atlet pelajar.

Kabupaten Temanggung yang berkekuatan 53 pelajar menjadi kontingen dengan peserta terbanyak, disusul Purworejo dan Kebumen masing-masing 48 Atlet, Wonosobo 43 atlet, lalu Kota Magelang 44 orang dan Kabupaten Magelang 32 atlet. Keseluruhan atlet pelajar yang bertanding merupakan siswa siswi SD/MI, SMP/ MTs dan SMA/SMK dari 6 Kabupaten/Kota, dan mengikuti kelas-kelas sesuai berat badan masing-masing.

Aan Setiawan, salah satu wasit nasional, ketika ditemui di sela pertandingan menerangkan pembagian kelas sesuai petunjuk teknis dari KONI Provinsi meliputi SD/MI Putra Under 33 kg sampai Over 42 kg dan 47 kg serta kelas jurus perseorangan. Kemudian SD/MI Putri, mempertandingkan kelas under 29 kg  sampai over 38 dan 43 kg serta kelas jurus perseorangan.

“Untuk kelas SMP Putra mulai dari kelas under 39 sampai over 62 dan 67 kg plus kelas jurus perseorangan dan putri mulai dari under 34 sampai over 57 dan 62 kg,” urainya.

Sementara untuk kategori SMA, Aan menyebut pihak panitia mempertandingkan kelas under 51 kg sampai ober 78 Putra, dan under 46 Over 67 kg Putri.

Standar penilaian yang diberlakukan dalam kejuaraan Taekwondo pelajar, menurut Aan sudah menyesuaikan dengan World Taekwondo Rules, yaitu poin 1 untuk pukulan, poin 2 untuk tendangan tanpa awalan memutar, poin 3 untuk tendangan kearah kepala, 4 untuk tendangan ke perut dengan awalan memutar dan poin 5 tendangan putar kearah kepala lawan.

Para juara di masing-masing kelas yang dipertandingkan, dikatakan Aan selain akan memperoleh medali emas juga berhak untuk mewakili Eks Karesidenan Kedu dalam ajang serupa POPDA tingkat Provinsi Jawa Tengah. (why)

BACA JUGA:  Karnaval Budaya untuk Peringati Hari Kartini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.