25 Grup Meriahkan Festival Rebana 2016

WONOSOBOZONE -Sedikitnya 25 grup rebana meriahkan festival rebana 2016 bertajuk Iqorsa Fest 2016 atau Ikatan Qor-Qoriah dan Shalawat Festival 2016, yang digelar Sabtu, 23 Juli di halaman Pendopo Kabupaten.
Menurut Panitia Peringatan Hari Jadi Wonosobo ke 191 tahun 2016, Priswanto Wahyunugroho, selain untuk memeriahkan Hari Jadi Wonosobo ke 191, festival digelar untuk lebih membumikan seni nusantara di tengah kemajuan jaman. Selain nilai-nilai yang dibawa oleh seni ini dapat tersampaikan dan dipahami serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta sebagai media untuk berdakwah sehingga masyarakat tertarik untuk bersholawat kepada Rasulullah.
Diharapkan pria yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Pemerintahan Umum dan Pengembangan Otonomi Daerah Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo ini, kegiatan sejenis bisa kerap digelar, sehingga akan lebih meningkatkan keterampilan dan kreativitas grup rebana asal Wonosobo, selain untuk memperkenalkan kepada masyarakat, karena rebana merupakan salah satu budaya dalam Islam yang mengandung nilai-nilai luhur.
Tahun ini, sebanyak 25 grup yang berasal dari berbagai desa di Wonosobo, tampil memeriahkan festival dengan membawa lagu wajib Syukaro serta satu lagu pilihan.
Menurut salah satu juri, Ali Muktafi, penilaian didasarkan pada tiga aspek, yakni vokal yang meliputi kualitas suara, intonasi, artikulasi dan ekspresi. Kemudian aspek penampilan, yang meliputi gestur, bloking, tata panggung dan tata busana, serta aspek musik, yang meliputi aransemen, harmonisasi, improvisasi dan komposisi. Selain Ali Muktafi, dua juri lainnya adalah Khotimatul Ulya dan praktis rebana asal Kebumen, Syukron Mahmud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here