240 Peserta Ikuti MTQ Pelajar Ke-31 Tingkat Kabupaten Wonosobo

Wakil Bupati Agus Subagiyo melantik dewan juri MTQ ke 31 2016 di Pendopo Kabupaten
WONOSOBOZONE – Kabupaten Wonosobo pernah berjaya di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an pelajar tingkat Provinsi Jawa Tengah, ketika bertindak selaku tuan rumah pada Tahun 2007 silam. Para khafilah yang menjadi wakil Kabupaten, berhasil mendominasi sebagian besar kategori lomba, dan akhirnya merebut predikat sebagai juara umum se-Jateng. Setelahnya, dalam beberapa edisi MTQ Tingkat Provinsi, Wonosobo tak berhasil mengulangi capaian tersebut.
9 tahun berselang, atau tepatnya Rabu, 1 September 2016, upaya untuk menggapai prestasi serupa pun dirintis, melalui MTQ Pelajar Ke-31 Tingkat Kabupaten Wonosobo. Wakil Bupati, Agus Subagiyo yang membuka gelaran MTQ Pelajar di Pendopo Kabupaten berharap, semangat Juara Umum 2007 itu digelorakan kembali, sehingga para peserta benar-benar siap berkompetisi dan merebut juara tak hanya untuk tingkat Kabupaten, tapi juga pada ajang serupa di tingkat Provinsi.
“Kebetulan waktu MTQ Pelajar tingkat Provinsi Tahun 2007, saya bersama Kepala Kemenag menjadi Ketua panitia penyelenggara, sehingga memori indah itu masih tersimpan dengan baik,” ujar Wabup dalam kata sambutan pembukaan MTQ ke-31. Dengan mengingatkan para peserta akan prestasi 9 tahun lalu itu, Agus berharap akan muncul motivasi dan semangat untuk mencapai raihan serupa. “Bahkan saya berharap untuk para Juara MTQ ke-31 ini nantinya mampu berprestasi di level yang lebih tinggi lagi, yaitu MTQ Tingkat Nasional,” tandas Wakil Bupati. Karena itulah, Agus memberikan pesan kepada para peserta untuk mengeluarkan kemampuan maksimal mereka demi menjadi yang terbaik. Namun demikian, Wabup juga menegaskan harapan, agar selain menjadi ajang seleksi Qori/Qori’ah terbaik, ajang MTQ Pelajar tingkat Kabupaten ini mampu menumbuhkan kecintaan kepada Al Qur’an, khususnya di kalangan generasi muda Wonosobo. “Yang terpenting adalah justru bagaimana semangat mendalami dan mencintai Al Qur’an bisa tumbuh dan berkembang di masyarakat Wonosobo,” pungkasnya.
Harapan orang nomor dua di Pemkab Wonosobo itu selaras dengan tujuan penyelenggaraan MTQ ke-31, yang menurut Muhtadin, Kepala Kantor Kementerian Agama sekaligus ketua panitia, salah satunya untuk mengembangkan seni baca Al Qur’an demi terwujudnya sumber daya manusia berkualitas dan mencintai Al Qur’an.
“MTQ Ke-31 Tahun 2016 ini diikuti 240 peserta, dari mulai SD, SMP sampai tingkat SMA/SMK/MA perwakilan dari 15 Kecamatan,” terang Muhtadin. Para peserta, dijelaskan Muhtadin bakal dibagi dalam 4 cabang, meliputi Tahfidz 5 juz khusus tingkat SLTA, Tilawah golongan SD, SMP dan SMA, dan Tartil SD, SMP, SMA. “Satu cabang lain adalah Tahfidz 1 Juz untuk peserta SMP/MTs,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here