19 Januari 2019 Mendatang Jadi Momen Deklarasi Pendirian Pawon Budoyo Indonesia

WONOSOBOZONE – Pada tanggal 19 Januari 2019 mendatang, Paguyuban Wonosobo akan mendeklarasikan pendirian Pawon Budoyo Indonesia di Kota Depok, Jawa Barat. Menurut Ketua Paguyuban Wonosobo (Pawon) Sedunia, Joko Prio Atmojo, hal tersebut dilakukannya sebagai bentuk wadah kesenian tradisional yang dimiliki Wonosobo untuk menunjukkan kepada masyarakat yang lebih luas.

.

“Jadi nantinya akan ada perform kesenian tradisional Wonosobo tiap tahunnya di Taman Mini Indonesia dan berbagai fasilitas publik di Jabodetabek. Kesenian itu seperti Emblek, tari topeng, lengger dan beberapa kesenian lain untuk menghibur sekaligus mengenalkannya ke khalayak,” ujar Pria yang kerap disapa Joko Sableng.

.

Berawal dari pengamatan anggota Pawon terhadap group kesenian yang hampir dimiliki setiap desa yang ada di Wonosobo, menjadikan komunitas warga Wonosobo yang tersebar di berbagai negara khususnya Indonesia ini melakukan inovasi dalam mewadahi potensi tersebut.

.

“Kami juga berniat mempromosikannya. Karena sepengetahuan kami, selama ini yang melakukan hal promosi tarian tradisional cukup luas di ranah nasional baru Reog Ponorogo. Kalau yang lainnya kami belum mendapat informasi,” tambah Joko.

.

Dengan adanya salah satu inovasi dari program kerja Pawon sedunia itu, Joko berharap nantinya setiap korwil yang ada di dunia punya group tari topeng dan lengger khas Wonosobo masing-masing.

.

“Agar ketika ada acara kopdar atau aksi sosial, dapat menyajikan hiburan berupa tarian tradisional Wonosobo,” pungkasnya. (Ard)

BACA JUGA:  Masyarakat Harus Tau dan Andil Dalam Pencegahan TPPO
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.