1.500 Pengawas TPS Dilantik

WONOSOBOZONE – Panwas Kabupaten Wonosobo melantik 1.500 pengawas tempat pemungutan suara (TPS), yang akan bertugas pada 9 Desember mendatang. Seusai dilantik, ke 1.500 pengawas tersebut langsung diberikan pelatihan mengenai pola pengawasan selama berada di TPS kelak. Ketua Panwaskab, Eko Fifin berharap, dengan bekal Dari pelatihan selama 3 hari tersebut, para pengawas tidak akan menemui kendala berarti saat bertugas.
“Kami menargetkan, pilkada Wonosobo 9 Desember mendatang bisa berlangsung aman dan terkendali, sehingga peran pengawas TPS menjadi cukup strategis,” jelas Fifin, ketika ditemuidi Gedung Sasana Adipura Kencana, seusai pelatihan pengawas hari kedua, Selasa (17/11). Para pengawas TPS, disebut Fifin juga menjadi bagian dari Panwas Pemilu RI, sehingga tuntutan untuk turut menyukseskan gelaran pilkada pun cukup tinggi. “Mengingat kapasitas gedung yang terbatas, pelatikan dan pelatihan kami bagi menjadi 3 hari, per hari 500 orang dari 5 Kecamatan,” tutur Fifin. 
Lebih lanjut, Fifin juga mengatakan bahwa untuk keperluan pengawasan di 1587 TPS, pihaknya merekrut 1586 orang. “Kurang 1 dibanding jumlah TPS yang ada, tapi hal itu sudah sesuai dengan UU No.8 2015 tentang penyelenggaraan Pemilukada,” jelas Fifin. Kekurangan 1 pengawas tersebut dijelaskan Fifin disebabkan di Desa Igirmranak Kecamatan Kejajar, hanya ada 1 TPS. Berdasar UU No.,8 2015 tersebut, apabila di satu desa hanya terdapat 1 TPS, maka tidak diperlukan adanya pengawas.
source : wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here