DINDUKCAPIL BANJARNEGARA MUSNAHKAN 12 RIBU KTP INVALID

BANJARNEGARA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banjarnegara, memusnahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 12.025 keping. Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dibakar di halaman kantor Dindukcapil Banjarnegara Rabu (19/12/2018).

Dikutip dari detik.com, Kepala Dindukcapil Banjarnegara, Imam Kusharto mengatakan kartu identitas yang dibakar terdiri dari KTP dan e-KTP. Jumlah tersebut merupakan kartu identitas yang dikumpulkan sejak 2011 lalu.

“Pembakaran ini dilakukan untuk menghindari kartu identitas yang sudah invalid menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.
Jumlahnya 12.025 keping KTP dan e-KTP. Kartu identitas ini dibakar agar tidak tercecer,” ujarnya.

Menurut Imam, Kartu identitas invalid tersebut terjadi karena ada perubahan data. “Misalnya yang sebelumnya belum menikah saat ini sudah atau yang sebelumnya PNS saat ini sudah pensiun. Sehingga perlu identitas baru dan kartu identitas lama diserahkan kepada kantor Dindukcapil,” tambahnya.

Imam juga menuturkan, kartu kependudukan invalid tersebut sudah digunting di bagian pojok kartu. Tujuannya agar tidak bisa lagi dimanfaatkan.
Nantinya, Imam mengaku pihaknya akan membakar secara bertahap kartu kependudukan invalid agar tidak tercecer. 

“Setalah ini kalau ada orang melakukan perubahan data berarti yang lama langsung kami bakar. Sehingga tidak dibuang disembarang tempat,” pungkasnya.

Artikel ini dikutip dari detik.com dengan judul “12 Ribu KTP Invalid di Banjarnegara Dimusnahkan” yang ditulis oleh Uje Hartono, link
https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4350569/12-ribu-ktp-invalid-di-banjarnegara-dimusnahkan

BACA JUGA:  Pluralisme Wonosobo Di Era Modern
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.