13.718 Siswa SD Wonosobo Akan Ikuti Ujian Sekolah

WONOSOBOZONE – Mulai Senin, 16 Mei 2016, sebanyak 13.718 siswa akan mengikuti Ujian Sekolah/Madrasah, termasuk 26 siswa asal SDLB. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Samsul Maarif di kantornya, Jumat, 13 Mei.
Menurutnya ujian sekolah/madrasah atau bentuk lain yang sederajat, merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk semua muatan/mata pelajaran dan muatan lokal.
Persyaratan mengikuti ujian adalah sudah atau pernah mengikuti pendidikan pada tahun terakhir di SD/MI, SDLB dan Program Paket A/Ula. Kemudian memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar (rapor) pada SD/MI, SDLB dan Program Paket A/Ula, mulai kelas IV semester 1 sampai dengan kelas VI semester 1.
Persyaratan selanjutnya adalah memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar (rapor) setingkat SD/MI, SLDB atau Program Paket A/Ula mulai kelas IV semester 1 sampai dengan kelas VI semester 1 untuk pendidikan informal.
Jika siswa ada yang berhalangan mengikuti Ujian Sekolah/Madrasah di satuan pendidikan yang bersangkutan, dengan alasan tertentu, yang disertai bukti sah tidak bisa mengikuti Ujian Sekolah/Madrasah, siswa bisa mengikuti Ujian Sekolah/Madrasah susulan.
Untuk jadwal Ujian Sekolah/Madrasah, untuk sekolah/madrasah SD/MI/SDLB pada hari Senin, 16 Mei, adalah Bahasa Indonesia. Dilanjutkan Selasa, 17 Mei, Matematika dan pada hari Rabu, 18 Mei, Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pada pukul 08.00 dan selesai pukul 10.00. Ujian susulan akan dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, tanggal 23-25 Mei, sesuai jadwal pelajaran yang diujikan, dimulai pukul 08.00-10.00.
Berbeda dengan SD/MI/SDLB, untuk jadwal Ujian Sekolah/Madrasah bagi program Paket A/Ula, pada hari Senin, 16 Mei, adalah Pendidikan Kewarganegaraan. Dilanjutkan Selasa, 17 Mei, Matematika dan Ilmu Pengetahun Sosial, dan pada hari Rabu, 18 Mei, Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pada pukul 13.30 dan selesai pukul 15.30.
Ujian susulan akan dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, tanggal 23-25 Mei, sesuai jadwal pelajaran yang diujikan, dengan jam agak berbeda. Untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial dimulai pukul 16.00 dan selesai pukul 18.00, sedang mata pelajaran Imu Pengetahuan Alam dimulai pukul 13.30-15.30.
Adapun rincian 13.718 siswa yang ikut Ujian Sekolah/Madrasah adalah 11.216 siswa meliputi 5.747 putra dan 5.469 putri berasal dari SD Negeri, 489 siswa meliputi 255 putra dan 234 putri berasal dari SD Swasta, 33 siswa meliputi 19 putra dan 14 putri  berasal dari MI Negeri, 1.911 siswa meliputi 953 putra dan 958 putri berasal dari MI swasta. Sedangkan 26 siswa SDLB yang ikut Ujian Sekolah/Madrasah, terdiri dari 14 siswa putra dan 12 siswa putri, sementara 43 siswa Kejar Paket A yang ikut Ujian Sekolah/Madrasah terdiri dari 22 putra dan 21 putri.
Samsul menambahkan, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik dan lulus Ujian Sekolah/Madrasah. Kriteria peserta didik telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, ditentukan oleh satuan pendidikan, melalui rapat dewan pendidikan, berdasarkan laporan hasil belajar dari kelas I semester 1 sampai kelas VI semester 2.
Sementara kriteria nilai sikap/perilaku peserta didik, ditentukan oleh satuan pendidikan, melalui rapat dewan pendidik, sedangkan kriteria peserta didik lulus dari Ujian Sekolah/Madrasah, ditentukan satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik.
Sekretaris Dikbudpora, Satriyatmo menambahkan, soal direncanakan tiba dari Provinsi Jawa Tengah, hari Jumat dan pada Jumat siang didistribusikan ke 15 UPT Dikbudpora, untuk disimpan. Selanjutnya setiap sekolah, tiap harinya mengambil soal, sesuai jadwal mata pelajaran yang diujikan. Dan hasil ujian siswa langsung dikumpulkan kembali ke UPT Dikbudpora untuk selanjutnya dikirimkan ke Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo untuk dilakukan koreksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here