12.540 Pelajar Wonosobo Akan Ikuti Ujian Nasional Tingkat SMP

WONOSOBOZONE – Kabupaten Wonosobo siap menggelar Ujian Nasional (UN) SMP Tahun 2016. Tak kurang dari 12.540 siswa dari 160 sekolah, termasuk di dalamnya 13 siswa SMPLB dan 434 siswa Paket B/Wustho,  siap berjibaku dengan soal-soal yang bakal diujikan selama 4 hari, mulai Senin (9/5) mendatang.
Sekretaris Daerah, Eko Sutrisno Wibowo meminta doa seluruh warga masyarakat Wonosobo, agar UN SMP tahun pelajaran 2015/2016 ini bisa berlangsung sukses dan semua peserta berhasil lulus dengan nilai memuaskan. Tak kalah penting, kami juga berharap semua lulusan SMP tahun ini melanjutkan sekolah ke jenjang SLTA, tutur Sekda di kantornya, Rabu (4/5).
Selain sebagai alat ukur capaian kompetensi lulusan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013, Eko menegaskan bahwa UN SMP juga merupakan gerbang bagi para siswa untuk masuk ke level pendidikan lanjutan, baik di SMA maupun SMK.
Kami juga mendorong civitas akademik di setiap SMP, mulai dari kepala sekolah, para guru hingga jajaran komite dan orang tua murid, agar memotivasi para siswa yang hendak mengikuti UN untuk bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal-soal di 4 mapel (mata pelajaran), ungkap Sekda. Untuk keperluan pemantauan dan evaluasi dan monitoring UN, Sekda juga menyebut Pemkab akan turun langsung, dengan dipimpin oleh Bupati, pada hari pertama ujian.
Pemantauan oleh 3 tim yang akan datang ke 9 sekolah di 7 Kecamatan, tegas Eko. Untuk soal ujian, Sekda mengaku telah mendapat informasi dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora), bahwa penyimpanan akhir soal-soal UN disebar di 6 sekolah. Soal-soal yang dicetak di Kudus diambil oleh tim khusus dengan pengawalan pihak aparat keamanan, dan disimpan di 6 sekolah, terang Sekda.
Terkait pengamanan ketat soal UN SMP,  Kepala Seksi data, informasi dan pengembangan Dikbudpora, Lintang Esti Pramanasari mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Polres Wonosobo. Soal dijamin tidak akan bocor karena pengamanan dilakukan mulai dari pengambilan di Kudus sampai titik akhir penyimpanan di 6 sekolahan yang tersebar di 6 Kecamatan, tegas Lintang.
Untuk jadwal UN, Lintang menyebut ada perbedaan antara peserta SMP dengan Paket B/Wustho. Bagi siswa SMP Negeri maupun swasta dan MTs, Lintang menjelaskan bahwa jadwal UN adalah 4 hari dan berlangsung di setiap pagi mulai jam 07.30 WIB. Sementara, bagi para siswa Paket B/Wustho, UN akan dilangsungkan hanya 3 hari dan dimulai pada pukul 13.30 WIB. Jumlah mata pelajaran yang diujikan antara SMP dengan Paket B/Wustho juga berbeda, karena untuk paket B/Wustho bakal mengerjakan 6 Mapel, sementara siswa SMP hanya 4 Mapel, pungkas Lintang.
Wonos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here