120 Remaja Sapuran Dilatih Jadi Pendidik dan Konselor Sebaya

WONOSOBOZONE – Pelatihan pendidik sebaya (PS) dan konselor sebaya (KS) bagi para remaja, digelar di Kecamatan Sapuran, Selasa (15/11). Acara yang diselenggarakan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Badan Koordinasi Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKKB PPdan PA) Kabupaten Wonosobo tersebut disambut antusias. Ketua TP PKK Kecamatan Sapuran, Nur Cahyani Najib menyebut tak kurang dari 120 pelajar usia SMP hadir dalam pelatihan yang diadakan di Pendopo Kecamatan setempat. “Kaim undang 100 anak, tapi yang hadir ternyata sampai 120 peserta,” terang Nur saat ditemui di sela acara.

Antusiasme yang ditunjukkan kalangan remaja Sapuran terhadap digelarnya pelatihan disyukuri Camat setempat, M Najib. Dengan tumbuhnya semangat para remaja tersebut, Najib mengaku optimis, upaya menanggulangi dampak negatif dari modernisasi yang saat ini cenderung menyerang generasi muda, akan berjalan sesuai harapan. “Konselor dan Pendidik Sebaya ini penting artinya dalam membantu remaja mendapatkan informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang berbagai hal,” jelas Najib.

Remaja, diakui Najib memerlukan konseling dengan teman sebaya mereka agar lebih mudah dalam mngungkapkan permasalahan mereka. “Kami menghadirkan narasumber kompeten dari Polsek Sapuran dan Guru dari salah satu MTs,” lanjutnya. Diharapkan, nantinya setelah mendapat bekal dari pelatihan PS dan KS tersebut, setiap peserta mampu berperan sebagai konselor untuk teman-teman di sekitar pergaulan mereka. “Semoga ke depan upaya ini mampu menekan angka pernikahan dini di Sapuran, serta efek negatif lainnya,” pungkas Najib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here