100 Pelajar Terima Beasiswa Bazda

WONOSOBBOZONE – Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Wonosobo kembali mentasyarufkan 100 Juta Rupiah zakat para pegawai, untuk mendukung kebutuhan belajar sebanyak 100 siswa SMA/SMK, Kamis (25/1). Diterimanya dana beasiswa Bazda tersebut, diharapkan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo mampu memotivasi semangat belajar para siswa yang rata-rata berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga ke depan, mereka semakin terpacu untuk menyelesaikan sekolah, serta menggapai cita-citanya. “Saya berharap dana Bazda ini dimanfaatkan secara optimal, sehingga nantinya benar-benar mampu meningkatkan kualitas belajar para siswa penerimanya,” ucap Bupati seusai acara penyerahan secara simbolis di Pendopo Kabupaten.
Pemkab Wonosobo, ditegaskan Bupati berkomitmen terhadap upaya peningkatan akses belajar, termasuk bagi para siswa kurang mampu agar tidak sampai putus sekolah. Salah satu upaya tersebut, diakui Bupati adalah dengan mengalokasikan dana Bazda untuk beasiswa. Dengan meningkatnya derajat capaian pendidikan, Eko meyakini hal itu akan sejalan dengan ikhtiar pihak Pemerintah Daerah untuk menekan angka kemiskinan di Kabupaten Wonosobo. Ke depan, Bupati juga berharap agar alokasi dana beasiswa Bazda semakin meningkat, agar semakin banyak pula siswa yang bisa dibantu.
Harapan Bupati itu selaras dengan tujuan penyaluran dana Bazda, yang menurut Kepala Bagian Kesra Setda, Eko Suryantoro adalah demi meringankan beban para pelajar dari keluarga tak mampu, namun memiliki prestasi bagus. “Selain bagi pelajar yang secara akademis prestasinya tergolong bagus, beasiswa Bazda ini juga diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi di bidang olahraga,” terang Eko Suryantoro. Menurutnya, setiap siswa penerima dana Bazda periode 2017, berhak atas uang senilai 1 Juta Rupiah. Selain untuk beasiswa pelajar, Bazda dikatakan Eko juga dialokasikan untuk membantu keluarga miskin yang tertimpa musibah dan juga membantu pemberdayaan ekonomi produktif bagi warga tak mampu yang ingin mengembangkan usahanya.
Kasubbag Pendukung dan Olahraga Kesra, Isnanto menambahkan, dana Bazda Kabupaten Wonosobo sudah dialokasikan kepada 8 golongan yang berhak atas zakat. “Bazda Kabupaten sudah berusaha untuk mentasyarufkan dana hasil zakat para pegawai ini pada 8 asnaf secara penuh, dan semoga ini semakin naik dari tahun ke tahun,” tandas Isnanto. Ia juga berharap agar bagi para pegawai yang belum berzakat melalui Bazda, secepatnya bergabung, sehingga di masa mendatang beasiswa maupun alokasi dan bantuan terus meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here