1 Milyar Rupiah Target Bulan Dana PMI 2016

WONOSOBOZONE – Bulan Dana Palang Merah Indonesia (BD PMI) Tahun 2016 dicanangkan, Jum’at  (8/4). Selama tiga bulan mendatang hingga 8 Juli 2016,  Ketua Umum panitia BD PMI, AKBP Azis Andriansyah, SH, SIK, M.Hum menargetkan bisa mengumpulkan dana 1 Milyar  Rupiah, sesuai asumsi Sekda Wonosobo.  Jumlah tersebut lebih kecil dari potensi yang dapat dikumpulkan dan berbagai elemen masyarakat se-Kabupaten. Dari estimasi panitia, potensi dana diperkirakan dapat mencapai  1,2 Milyar Rupiah. Namun demikian, target tersebut meningkat dari relaisasi Bulan Dana PMI Tahun 2015, di mana dana yang terkumpul dari masyarakat mencapai 975 Juta Rupiah dari 900 juta yang ditargetkan.
 
Dalam acara pencanangan di ruang Mangoenkoesoemo Setda, Azis mengaku akan berupaya mengintensifkan pengumpulan dana ke beberapa pihak  yang selama ini belum tergarap secara optimal. “Selain melalui kupon yang dititipkan di loket pembayaran listrik, PAM, maupun telpon, kami juga akan bergerak ke BUMN dan BUMD agar mereka berkontribusi melalui CSR nya” , jelas Azis. Selain itu panitia BD PMI 2016 akan selalu memantau dan terus mendorong jalannya pemungutan donasi ke PMI tersebut. Dengan intensifnya pengumpulan dana ke berbagai sektor tersebut, Azis meyakini target BD PMI Tahun 2016 akan tercapai dan justru akan mampu melampaui target yang ditetapkan. Azis juga berharap agar dana yang nantinya didapat, semoga tidak akan digunakan “Biarlah uangnya terkumpul saja, apabila uang itu digunakan berarti ada bencana”.
 
Keyakinan akan tercapainya target tersebut juga disampaikan Sekda Wonosobo, Drs. Eko Sutrisno Wibowo, MM. Usai mencanangkan BD PMI 2016, Sekda meminta pimpinan SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten, terutama kepada PNS untuk  segera dilakukan pemotongan dan pengumpulan di 2 bulan pertama, dengan tujuan untuk menambah anggaran bencana, serta para Camat untuk menggerakkan jajarannya agar mampu mengoptimalkan potensi masyarakat melalui RT/ RW di wilayah mereka. untuk mendukung gerakan Bulan Dana PMI Tahun 2016. Eko juga menyampaikan kepada PNS, Polri dan TNI untuk segera melakukan donasi, jadilah contoh bagi masyarakat untuk mensukseskan BD PMI 2016.
 
Dukungan semua pihak demi suksesnya Bulan Dana PMI Tahun 2016 dinilai Sekda sangat penting, mengingat selama ini peran PMI di Wonosobo sangat terasa. “Ketika terjadi bencana alam, PMI selalu berada di garda depan dan mampu menunjukkan perannya membantu kesulitan masyarakat, sehingga layak bila masyarakat pun mendukung penuh bulan dana Tahun 2016 ini agar mencapai target yang ditetapkan. Sekda juga menegaskan bahwa sebagai daerah dengan kerawanan bencana cukup tinggi, seharunya anggaran penanggulangan bencana juga menjadi prioritas.”Keikhlasan dan kerelaan masyarakat untuk menyumbangkan sebagian kecil hartanya untuk kemanusiaan sangat penting demi lebih optimalnya ruang gerak dan operasional Palan Merah Indonesia”, harap Sekda.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here