​SMA 2 Kembali Harumkan Nama Wonosobo, Raih Juara 3 Tari Tingkat Jateng-DIY


WONOSOBOZONE – SMAN 2 Wonosobo berhasil membawa trophy kemenangan atas penampilan kesenian tarinya dalam ajang peringatan HUT TNI ke-72 dan HUT Kodam IV Diponegoro ke-67. Dalam lomba kesenian yang digelar di Balai Diponegoro, Semarang belum lama ini, group tari dari SMAN 2 Wonosobo yang bertindak sebagai wakil Korem 072/Pamungkas Yogyakarta tersebut berhasil meraih juara 3 dengan menampilkan tarian perjuangan daerah dengan nama Srikandhi Gugah. “Prestasi ini merupakan kebanggaan yang dapat kami persembahkan untuk Wonosobo. Meski membawa pulang medali perunggu, setidaknya anak-anak berhasil mendominasi puluhan peserta yang hadir dari berbagai Kabupaten maupun Kota,” ungkap salah satu pembimbing dari SMAN 2 Wonosobo, Yuliarti kepada wartawan, Senin (18/9)..
Raihan prestasi tersebut, menurut Yuliarti, menjadi modal awal pihaknya untuk mengembangkan kesenian tari menjadi lebih baik. Bahkan wanita yang juga menjadi guru IPS di SMA setempat itu menargetkan untuk tahun selanjutnya dapat meraih medali emas dalam kategori yang sama. Karena upaya untuk meraih prestasi serupa tersebut, lanjut Yuliarti, telah dirintis beberapa bulan sebelumnya dengan bentuk latihan rutin setiap 3 kali dalam satu minggu. “Namun yang terpenting adalah bakat anak tersalurkan. Pelestarian kesenian tari juga tetap terjaga. Kalau untuk medali, itu merupakan bonus atas latihan yang telah kita upayakan selama ini,” bebernya..
Sebelumnya mewakili Korem untuk maju dalam ajang Jateng-DIY, Yuliarti yang kesehariannya juga mengasuh sanggar tari Sekar Tanjung itu menceritakan bahwa dalam seleksi perlombaan di tingkat Korem 072/Pamungkas, pihaknya bersama 4 sekolah lain mewakili Wonosobo untuk unjuk gigi. “Dari Wonosobo mengirimkan 5 perwakilan di ajang tingkat Korem Jogja, yakni SMAN 2 Wonosobo, SMAN 1 Wonosobo, SMA Kristen, SMKN 1 Wonosobo dan SMAN 1 Kaliwiro. Namun hanya SMAN 2 Wonosobo yang berhasil meraih juara I kategori tari perjuangan daerah di tingkat Korem. Atas prestasi tersebut, kami secara otomatis mewakili Korem 072/Pamungkas untuk tampil di tingkat Kodam,” tandasnya..
Terpisah, Tak hanya SMAN 2 Wonosobo, beberapa sekolah menengah mewakili Korem 072/Pamungkas Yogyakarta untuk tampil di Kodam IV/Diponegoro juga turut tampil dalam ajang tersebut, seperti SMA Bopkri Jogja yang turut mewakili dalam kategori lomba paduan suara serta SMA 1 Kebumen dalam kategori baca puisi. Mengingat dalam HUT tersebut, ada tiga jenis perlombaan yang ditampilkan. (Ard)

BACA JUGA:  Gandeng RSI, PPTQ Al Asy'ariyyah Kalibeber Khitan 30 Santri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.