Kunjungan Study Banding PPKH Dukuhseti Pati Di Garung Wonosobo

WONOSOBOZONE, PPKH Kec. Garung – Kunjungan Study Banding PPKH Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati di PPKH Kec. Garung Kabupaten Wonosobo pada hari Selasa, 10 April 2018. Dihadiri oleh 7 Pendamping PKH, 9 KPM, dan perwakilan Kecamatan Dukuhseti. Mereka tertarik untuk berkunjung ke Wonosobo setelah mengikuti foto-foto kegiatan PKH Kab. Wonosobo di social media. Selain itu, mereka juga tertarik dengan WBKR (Wonosobo Berbagi Kursi Roda) – Keluarga Sosial Kabupaten Wonosobo.

Acara juga dihadiri oleh Bapak Misto, S.Kep, M.M. perwakilan dari Dinsos, Bapak Sugiyono, S.Kom selaku Korkab, Korcam se-Kabupaten Wonosobo dan dari pihak Kecamatan serta perwakilan KPM Kecamatan Garung. Kegiatan dimulai pukul 08.00 dan dibuka oleh Bapak Misto, S.Kep, M.M. selaku perwakilan dari Dinsos. Kemudian acara dilanjutkan diskusi dan sharing terkait kegiatan PKH.

“Saya bangga dikelilingi oleh orang-orang hebat seperti Bapak Camat Garung yang selalu mensupport kegiatan-kegiatan PKH. Saya juga bangga dikelilingi pendamping PKH Kec. Garung yang hebat,” ungkap Pak Virdinar Ardian Aditya selaku Korcam Garung.

“Ketika Kita memberi manfaat untuk orang lain, maka kita akan mendapat manfaat juga dari orang lain”, kata Pak Virdinar saat memberikan sambutan.

Acara dilanjutkan ramah tamah dengan berkunjung ke kantor PPKH Kec. Garung dan kunjungan ke rumah produksi salah satu KPM dampingan Bapak Fajar Riwanto di Dusun Gajihan, Desa Gemblengan yang memproduksi keripik pegagan dan teh pegagan bersama kelompoknya.

“Kami berterimakasih sekali kepada Bapak Misto dari Dinsos, Bapak Camat, dan juga pendamping PKH Garung yang luar biasa. Kami mohon dukungan dan bantuannya agar usaha kami semakin maju agar bisa terentas dari kemiskinan lewat usaha yang kami bentuk. Selamat datang juga kepada bapak ibu dari Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Disini kita bisa belajar bersama dan berbagi ilmu”, kata Bu Taat salah satu Ketua Kelompok KUBE PKH Harapan Indah dari Dusun Gajihan, Desa Gemblengan.

BACA JUGA:  Polres Wonosobo Tepis Isu Penculikan Siswi SMK

Pada acara tersebut, ada beberapa produk KUBE yang kami pamerkan. Produk-produk yang sudah kami pamerkan di acara EXPO Sayur bulan lalu. Dan ternyata ini bisa jadi potensi untuk KUBE yang ada di Kecamatan Garung untuk memasarkan produk olahan sayur secara online dan juga online. Kami juga menyediakan media penjualan online yang bisa diakses lewat shop.pkhgarung.org.

Pak Misto berharap WBKR perlu diadakan lagi. Kegiatan itu dilandaskan pada mimpi sederhana penyandang disabilitas untuk bisa melakukan aktivitas sendiri sehari-hari. Ada rencana berbagi kaki palsu yang diprioritaskan untuk yang disabilitas produktif dan tidak mampu.

“Orang kaya tidak mengandalkan bantuan orang lain, tetapi mengandalkan dirinya sendiri untuk mengatasi masalahnya”, ungkap Mas Iponk selaku Founder Keluarga Sosial Kabupaten Wonosobo.

“Kendala yang kami alami yaitu KPM dan Pendamping masih terbelenggu bisnis proses. Kami ingin belajar dari PPKH Kec. Garung, bagaimana cara meningkatkan strata ekonomi dari KPM sehingga mampu berdikari?”, kata Pak Supriyanto selaku Korcam Dukuhseti, Kabupaten Pati.

Harapan kami pertemuan ini tidak hanya sampai di sini, tapi kami bisa menindak lanjuti kegiatan hari ini dengan kerjasama yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here